Rektor
Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Dr. H. Sulton, M.Si 

Rektor

 

 PRAKATA 

 

Assalamu’alaikum, Wr. Wb.

Sebuah tonggak baru berhasil diletakkan dalam perkembangan Universitas Muhamadiyah Ponorogo memasuki usianya yang mencapai Tri Dasawarsa sejak berdirinya pada tahun 1986, yaitu predikat telah Terakreditasi secara kelembagaan dengan peringkat “B” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan SK Nomor 169/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2015. Status ini secara tidak langsung telah menjadi tantangan baru bagi civitas akademika Unmuh Ponorogo, mengingat diperlukan treatment khusus untuk dapat mempertahankan sustainability bahkan pengembangan dari titik pencapaian ini. Berita baiknya adalah, kesemuanya memerlukan sebuah energi besar dan salah satunya berasal dari human resources yang ada. Upaya peningkatan SDM telah disusun dalam roadmap lembaga, diharapkan selama kurun waktu tiga tahun ini akan menyusul 20 doktor baru melengkapi 11 doktor yang sudah ada.

 

Tahapan pengembangan fasilitas akademik maupun non akademik di Unmuh Ponorogo juga telah dijabarkan dalam dokumen Rencana Induk Pengembangan tahun 2012 -2036 dan Rencana Strategis 2016-2020. Semua upaya mengarah pada pencapaian visi untuk menjadi universitas yang unggul dalam penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni berdasarkan nilai-nilai Islam.

 

Di sisi lain, komunikasi dengan dunia Internasional juga telah dipahami seluruh civitas akademika sebagai salah satu upaya untuk mempercepat Internasionalisasi lembaga. Langkah Diplomasi dengan berbagai Perguruan Tinggi maupun Lembaga di Luar Negeri di bingkai dalam Diplomasi akademik dan Budaya. Sebagai kampus lokal, Unmuh Ponorogo sebenarnya memiliki cukup ”amunisi” dari aspek diversitas Budaya Lokal Ponorogo. Salah satunya adalah melalui Kesenian Reyog Ponorogo yang telah dikenal secara luas menjadi warisan budaya asli Ponorogo. Melalui khasanah budaya lokal tersebut Unmuh Ponorogo berharap mampu menjadikan Reyog Ponorogo Go International sekaligus menjadikannya sebagai tema sentral dari aktivitas research di lingkungan kampus Unmuh Ponorogo.       

 

Mengawali tahun 2018, Unmuh Ponorogo menawarkan banyak kemudahan serta kenyamanan bagi para calon mahasiswa baru untuk bergabung dan sukses bersama The Reog University

Wassalamu’alaikum, Wb. W.