logo unmuh ponorogo  
 
MENU UTAMA
 

LINK TERKAIT
 

LAYANAN & FASILITAS
 

AGENDA KAMPUS
Sabtu, 20 Desember 2014
Pembekalan DPL KKN 2015
Jum'at, 11 April 2014
Pelaksanaan Wisuda Sarjana & Diploma XXXVI
Kamis, 7 Mei 2015
Jadwal Pelaksanaan KKN Internasional Thailand Part II
 

KOTAK PESAN
 
Senin, 23 Nopember 2015
Tentang UNMUH Ponorogo

 
SEJARAH SINGKAT UNMUH PONOROGO
 
Cikal bakal berdirinya Universitas Muhammadiyah Ponorogo (Unmuh Ponorogo) diawali dengan pendirian Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah (STAIM) Ponorogo yang berdiri sejak tahun 1968hasil kerjasama para pendiri dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Beberapa tahun kemudian tepatnya tahun 1975 berdiri sebuah fakultas baru yaitu Fakultas Ilmu Sosial (FIS) bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Malang.Hasil kerja keras serta serta semangat pantang menyerah mulai membuahkan hasil dengan dibukanya kembali satu fakultas baru yaitu FKIP dengan konsentrasi Pendidikan Umum (PU) pada tahun 1980 dengan lembaga induk Unmuh Malang. Pengembangan IAIM menjadi Unmuh Ponorogo (UMP) secara resmi terjadi pada tanggal 19 Nopember 1986 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 0813/O/1986. Sejak saat itu, terjadi penambahan beberapa fakultas baru diantaranya Fakultas Teknik, Ekonomi dan Keperawatan.
 
Organisasi Unmuh Ponorogo terdiri atas unsur pimpinan, senat universitas dan fakultas, unsur pelaksana, dan unsur kelengkapan universitas. Unsur pimpinan Unmuh Ponorogo adalah Rektor dan 3 (tiga) Wakil Rektor. Unsur pelaksana terdiri atas unsur akademik yaitu fakultas beserta program studi-program studi, unsur pelaksana teknis, badan, lembagaserta unsur pelaksana administratif. Unsur kelengkapan universitas terdiri atas senat universitas dan fakultas.
 
Pengelolaan proses pendidikan dan pengajaran mencakup berbagai kegiatan mulai dari perencanaan program pendidikan, penyiapan mahasiswa masuk dalam program pendidikan, pelaksanaan pendidikan, pengajaran, pemantauan dan evaluasi proses belajar mengajar serta pengolahan datanya. Pelaksanaan kegiatan-kegiatan ini melibatkan berbagai unit dan unsur dalam sistem organisasi universitas dan seluruh civitas akademika. Kelancaran penyelenggaraan tugas unsur atau unit yang satu berpengaruh pada kelancaran penyelenggaraan tugas unit atau unsur yang lain. Oleh karena itu, pembagian tugas, tanggung jawab dan kewenangan, penjadualan tugas, tata kerja, dan lain-lain yang termasuk dalam sistem pengelolaan pendidikan dan pengajaran perlu dipahami, disepakati, dan dipatuhi bersama berdasarkan sistem penjaminan mutu yang ada.
 
FAKULTAS DAN PROGRAM STUDI  
 
Saat ini Unmuh Ponorogo telah memiliki 7 Fakultas dengan 21 Program Studi yang terdiri dari: 3 program studi diploma III, 16 program studi Srata S1, 1 program profesi, dan 1 program Pasca Sarjana. Keselurahan aktiditas akademik maupun non akademik di kampus Unmuh Ponorogo dibingkai dalam Catur Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat.
 
Selain itu, Unmuh Ponorogo juga membekali mahasiswa dengan beberapa skill pendukung melalui program sertifikasi komputer bekerjasama dengan Microsoft Campus Agreement, Program Sertifikasi Kewirausahaan bekerjasama dengan Pemerintah, praktisi usaha maupun partner Dunia Usaha dan Dunia Industri; Program Sertifikasi Bahasa Asing, serta sertifikasi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
 
Kegiatan pendidikan dan pengajaran di Unmuh Ponorogo dilaksanakan dengan sistem kredit semester (SKS). Dalam sistem ini kegiatan akademik mahasiswa diukur dengan satuan kredit semester (sks). Sistem ini memungkinkan mahasiswa untuk menyusun program akademiknya sesuai dengan kecakapan, bakat, minat dan kemampuan yang dibagi dalam 8 (delapan) semester.
 
Kurikulum yang dikembangkan di Unmuh Ponorogo mengacu pada KKNI (Kualifikasi Kompetensi Nasional Indonesia) berorientasi pada dasar serta tujuan pendidikan di Universitas,terkait keahlian ataupun sikap yang diharapkan dimiliki mahasiswa setelah menyelesaikan studinya yaitu kemandirian dan kewirausahaan.
 
Pengelolaan pendidikan dan pengajaran dalam sistem kredit dikembalikan dalam sistem informasi akademik yang berbasis IT. Guna mendukung kelancaran pengelolaan pendidikan dan pengajaran serta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat mengenai informasi kegiatan di Universitas Muhammadiyah Ponorogo, selengkapnya dapat diakses melalui website www.umpo.ac.id atau untuk via emailakademik@umpo.ac.id.
 

  Dibaca 7126 kali
Minggu, 30 April 2017
Indonesia English

RADIO AL-MANAR


LOGIN SISTEM AKADEMIK
 
LOGIN EMAIL
Alamat Email
@umpo.ac.id
Password
 

KELEMBAGAAN
 

FAKULTAS
 

BERITA TERBARU
Sabtu, 15 April 2017
ROBOT UNMUH PONOROGO MENANGI KOMPETISI NASIONAL
Selasa, 11 April 2017
HADIRI WISUDA WABUP MINTA UNMUH BUKA PRODI BARU
Senin, 3 April 2017
FAI UNMUH PONOROGO DATANGKAN PENERJEMAH RAJA SALMAN
Rabu, 29 Maret 2017
UNMUH PONOROGO INISASI PEMBENTUKAN LIGA PERPUSTAKAAN SEKOLAH MUHAMMADIYAH
Senin, 20 Maret 2017
BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINGGI AKAN SEGERA TERAPKAN SISTEM AKREDITASI ONLINE
 


 
   

CopyRight © 2014 UNMUH Ponorogo
LPIK UNMUH Ponorogo