Bagian Sumber Daya Manusia adalah satuan kerja pelaksana administratif yang bertanggung jawab dalam melaksanakan pelayanan administrasi dan pengembangan Sumber Daya Manusia. Unit satuan kerja BSDM dipimpin oleh Kepala Bagian diangkat serta diberhentikan oleh dan bertanggung jawab kepada Rektor. Atasan langsung dari Kepala BSDM adalah Wakil Rektor II.

Bagian Sumber Daya Manusia adalah satuan kerja pelaksana administratif yang bertanggung jawab dalam melaksanakan pelayanan administrasi dan pengembangan Sumber Daya Manusia. Unit satuan kerja BSDM dipimpin oleh Kepala Bagian diangkat serta diberhentikan oleh dan bertanggung jawab kepada Rektor. Atasan langsung dari Kepala BSDM adalah Wakil Rektor II.

Berikut ini Tugas Pokok dan Fungsi BSDM: 

Tugas Kepala BSDM 

  1. Menyusun program kerja dan rencana operasional BSDM;
  2. Mengembangkan     sistem     dan    menyelenggarakan     program-program administrasi kepegawaian dan pengembangan karir pegawai;
  3. Mengendalikan penyusunan program kerja dan rencana operasional BSDM;
  4. Mengendalikan pelaksanaan program BSDM;
  5. Mengembangkan kerjasama dalam rangka pengembangan dan peningkatan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan;
  6. Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program BSDM;
  7. Melaksanakan pembinaan dan monitoring evaluasi pekerjaan bawahannya;
  8. Menyediakan dan mengelola database BSDM untuk penjaminan mutu institusi;
  9. Menyusun laporan tahunan dan laporan pertanggungjawaban akhir masa jabatan.

Tugas Seksi-Seksi di BSDM

  1. Tugas Kasi Administrasi dan Layanan
    1. Mengelola sistem dan melaksanakan program layanan administrasi kepegawaian;
    2. Mengelola sistem dan melaksanakan program peningkatan kesejahteraan pegawai (BPJS Kesehatan/Ketenagakerjaan, purnatugas, purnajabatan, santunan sosial);
    3. Menyediakan dan mengelola database BSDM untuk penjaminan mutu institusi;
    4. Membuat laporan kegiatan BSDM.

b.Tugas Kasi Pengembangan SDM:

  1. Mengelola sistem dan melaksanakan analisis jabatan pegawai;
  2. Memfasilitasi program pendampingan penguatan kapasitas dosen studi lanjut S-3;
  3. Mengelola sistem dan melaksanakan pengembangan karir dosen (NIDN/NIDK, JaFA, serdos);
  4. Mengelola sistem dan melaksanakan program pengembangan kompetensi dan karir tenaga kependidikan (diklat keahlian/profesi/ layanan, magang);
  5. Mengelola sistem dan melaksanakan program rekrutmen, seleksi, pendidikan dan pelatihan, penempatan, mutasi, promosi, pemberhentian, dan pensiun pegawai;
  6. Mengelola sistem dan melaksanakan program penilaian kinerja pegawai;
  7. Mengelola sistem dan melaksanakan program penegakan disiplin dan kode etik pegawai.