Badan Pengkajian, Pembinaan, dan Pengembangan Dakwah Islam (BP3DI) adalah badan yang mengkoordinir seluruh kegiatan keagamaan di kampus. Kegiatan-kegiatan keagamaan yang ada difokuskan untuk membangun wawasan dunia al-Islam Kemuhammadiyahan serta mendorong penerapan nilai-nilai keislaman (Islam Values) dari warga kampus agar tercipta atmosfer Islami. BP3DI memiliki 3 unit yaitu:

1). Pengkajian Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK).

2). Unit Pembinaan AIK.

3).Unit Pengembangan Dakwah Islam.

Badan Perencanaan, Pengembangan, dan Pengawasan Institusi (BP3I)

  1. Kedudukan :
    1. Badan Perencanaan, Pengembangan, dan Pengawasan Institusi adalah satuan kerja pembantu pimpinan yang bertanggung jawab terhadap perencanaan, pengembangan, dan pengawasan institusi.
    2. Badan Perencanaan, Pengembangan, dan Pengawasan Institusi dipimpin oleh Kepala Badan yang diangkat serta diberhentikan oleh dan  bertanggung jawab kepada Rektor.
    3. Badan Perencanaan, Pengembangan, dan Pengawasan Institusi selanjutnya disebut BP3I.
    4. Atasan langsung BP3I adalah Rektor.

2. Kewenangan:

  1. Kepala Badan dapat menerbitkan peraturan-peraturan teknis operasional yang terkait dengan tugas pokoknya.
  2. Kepala Badan memiliki otoritas dalam memimpin penyelenggaraan program sejauh menyangkut kedudukan dan tugas pokoknya.
  3. Kepala Badan dapat meminta pertanggungjawaban unit-unit yang  langsung berada di bawah pengawasannya

3.Tugas Kepala BP3I

  1. Menyusun rencana strategis, program kerja, dan rencana operasional BP3I;
  2. Menganalisis kebijakan Universitas Muhammadiyah Ponorogo di bidang perencanaan, pengembangan, dan pengawasan berdasarkan peraturan perundang-undangan dan kebijakan persyarikatan;
  3. Mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data di bidang perencanaan, pengembangan, dan pengawasan;
  4. Merencanakan    dan    melaksanakan    program    kegiatan    yang    bersifat pengembangan;
  5. Merencanakan dan mengorganisasikan penyusunan dokumen strategis institusi (Renstra, Statuta, RIP)
  6. Merencanakan    dan    mengorganisasikan    penyusunan    laporan    kinerja Universitas Muhammadiyah Ponorogo setiap akhir tahun akademik;
  7. Merencanakan dan mengorganisasikan program pengawasan bidang manajemen dan keuangan;
  8. Mengidentifikasi    dan    memformulasi    gagasan    untuk    pengembangan kampus;
  9. Mengoordinasikan penyusunan analisis jabatan di lingkungan Universitas Muhammadiyah Ponorogo;
  10. Mengkaji usulan pembukaan, pengubahan nama, dan penutupan fakultas, program studi, dan satuan kerja di Universitas Muhammadiyah Ponorogo;
  11. Memantau dan mengevaluasi pelaksanaan program pengembangan dan penguatan kelembagaan pada setiap satuan kerja;
  12. Melaksanakan pembinaan dan monitoring evaluasi pekerjaan bawahannya;
  13. Menyediakan dan mengelola database BP3I untuk penjaminan mutu institusi;
  14. Menyusun laporan kegiatan BP3I;
  15. Membuat laporan tahunan dan laporan akhir BP3I.

Struktur BP3DI adalah :

  1. Unit Pengkajian dan Pembinaan AIK Pegawai (PPAIKP), dipimpin oleh Kepala Unit.
  2. Unit Pengelolaan Masjid dan Pengembangan Dakwah (PMPD), dipimpin oleh Kepala Unit
  3. Unit Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM), dipimpin oleh   Kepala Unit.

2.Tugas Kepala BP3DI

  1. Menyusun rencana strategis pengembangan program dan kelembagaan di lingkup BP3DI;
  2. Mengendalikan penyusunan program kerja dan rencana  operasional BP3DI;
  3. Mengembangkan    sistem    dan    mengendalikan    pelaksanaan    program- program BP3DI;
  4. Mengoordinasikan perencanaan dan pelaksanaan program BP3DI baik secara internal maupun eksternal;
  5. Mengoordinasikan    pemanfaatan   dan   penempatan    dosen   AIK   serta pengelolaan program perkuliahan AIK;
  6. Memfasilitasi     penyelenggaraan     milad     Universitas     Muhammadiyah Ponorogo dan Persyarikatan Muhammadiyah;
  7. Memfasilitasi/mensuport berbagai program tes berbasis AIK baik untuk pegawai maupun mahasiswa;
  8. Memfasilitasi kegiatan persyarikatan Muhammadiyah beserta ortomnya yang disetujui oleh Rektor;
  9. Mengembangkan    kerjasama    dalam    rangka    pengembangan    program BP3DI;
  10. Menyelenggarakan program pembinaan pegawai dan staf di internal satuan kerja BP3DI;
  11. Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program BP3DI;
  12. Melaksanakan pembinaan dan monitoring evaluasi pekerjaan bawahannya;
  13. Menyediakan dan mengelola database BP3DI untuk penjaminan mutu institusi;
  14. Menyusun laporan tahunan dan laporan pertanggungjawaban akhir masa jabatan.

 

3.Tugas Unit-Unit pada BP3DI :

  1. Tugas   Kepala   Unit    Pengkajian   dan    Pembinaan   AIK   Pegawai (PPAIKP):
    1. Menyusun program kerja dan rencana operasional Unit PPAIKP;
    2. Melaksanakan peninjauan  dan pengembangan kurikulum AIK;
    3. Memfasilitasi penyusunan dan pengembangan bahan ajar AIK;
    4. Memfasilitasi kajian dan diskusi soal isue-isue keumatan;
    5. Menyelenggarakan program pembinaan dan pengaderan pegawai (darul arqam, baitul arqam, up grading, dan berbagai kajian yang relevan);
    6. Menyelenggarakan program pelatihan baca tulis Al Quran, ibadah praktis dan pelatihan da’i bagi pegawai;
    7. Menyelenggarakan program kajian penguatan pemahaman Al-Islam dan Kemuhammadiyahan bagi pegawai;
    8. Menyelenggarakan     program    pembinaan    untuk    ranting    khusus (Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah) di kampus;
    9. Menyelenggarakan program pembiasaan kehidupan Islami (shalat berjamaah, pergaulan, dan berbusana Islami);
    10. Menyediakan dan mengelola database PPAIKP untuk penjaminan mutu institusi;
    11. Membuat laporan kegiatan Unit PPAIKP;
    12. Membuat laporan tahunan dan laporan akhir Unit PPAIKP.

b.Tugas Kepala Unit Pengelolaan Masjid dan Pengembangan Dakwah (PMPD):

  1. Menyusun program kerja dan rencana operasional Unit PMPD;
  2. Menyusun strategi dan menyelenggarakan kerjasama dan memfasilitasi pengembangan dakwah persyarikatan, ortom, dan  AUM;
  3. Menyusun strategi dan menyelenggarakan kerjasama pengembangan dakwah dengan ormas Islam lainnya;
  4. Menyelenggarakan program pengiriman dai dalam kegiatan dakwah;
  5. Menyelenggarakan program dakwah berbasis media cetak, elektronik, dan online;
  6. Menyelenggarakan program PHBI dan kegiatan Ramadan;
  7. Menyelenggarakan program pemakmuran masjid (sholat jamaah, diklat, dan kajian);
  8. Menyusun strategi dan menyelenggarakan pengembangan dakwah Islam;
  9. Menyediakan dan mengelola database PMPD untuk penjaminan mutu institusi;
  10. Membuat laporan kegiatan Unit PMPD;
  11. Membuat laporan tahunan dan laporan akhir Unit PMPD.

c.Unit Kepala Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM):

  1. Menyusun program kerja dan rencana operasional Unit PPM;
  2. Mendisain program dan sumberdaya pendukung pelaksanaan pondok pesantren mahasiswa;
  3. Melaksanakan program pondok pesantren mahasiswa (Darul arqam, sertifikasi baca tulis Al Quran, dan sertifikasi ibadah praktis);
  4. Melaksanakan monitoring dan evaluasi program pondok pesantren mahasiswa;
  5. Mengelola program beasiswa mahasiswa kader;
  6. Menyelenggarakan program pembinaan IMM;
  7. Mengoordinasikan pemanfaatan dan pemeliharaan pondok pesantren;
  8. Mengelola pemanfaatan masjid pesantren untuk program dakwah;
  9. Menyediakan dan mengelola database PPM untuk penjaminan mutu institusi;
  10. Membuat laporan kegiatan Unit PPM;
  11. Membuat laporan tahunan dan laporan akhir Unit PPM.

d.Penanggung Jawab Program Pengajian Ahad Pagi (PPAP)

  1. Menyusun program kerja dan rencana operasional PPAP;
  2. Mendisain program dan sumberdaya pendukung pelaksanaan PPAP;
  3. Melaksanakan program PPAP (penjadwalan, transportasi dan akomodasi, penyiapan tempat dan acara, pengelolaan keuangan, pendokumentasian, pengembangan program);
  4. Melaksanakan monitoring dan evaluasi PPAP;
  5. Menyelenggarakan program pembinaan dan penguatan jamaah;
  6. Mengelola pemanfaatan hasil PPAP untuk program dakwah;
  7. Menyediakan dan mengelola database PPAP untuk penjaminan mutu institusi;
  8. Menyelenggarakan program pengumpulan dan pendistribusian Zakat, Infaq, Shodaqoh (ZIS) dan Qurban
  9. Membuat laporan kegiatan PPAP;
  10. Membuat laporan tahunan dan laporan akhir PPAP.