Bagian Administrasi Mahasiswa dan Alumni merupakan satuan kerja yang dikembangkan dari Satker Pengembangan Karir Kemahasiswaan (BAPKK)  adalah satuan kerja di lingkungan Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang baru dibentuk  pada tahun 2016. Satuan kerja ini merupakan pelaksana administrative yang bertanggung jawab dalam melaksanakan pelayanan administrasi kegiatan kemahasiswaan sekaligus menjalin komunikasi dengan alumni. 

Bagian Administrasi Mahasiswa dan Alumni merupakan satuan kerja yang dikembangkan dari Satker Pengembangan Karir Kemahasiswaan (BAPKK)  adalah satuan kerja di lingkungan Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang baru dibentuk  pada tahun 2016. Satuan kerja ini merupakan pelaksana administrative yang bertanggung jawab dalam melaksanakan pelayanan administrasi kegiatan kemahasiswaan sekaligus menjalin komunikasi dengan alumni. 

 

Secara structural, BAMA dipimpin oleh seorang Kepala Bagian yang diangkat, diberhentikan dan bertanggung jawab kepada Rektor melalui Wakil Rektor III (Bidang Kemahasiswaan). Dalam mengemban tugasnya, BAMA mempunyai berbagai prosedur mutu layanan dan pola pembinaan kemahasiswaan yang ditujukan untuk menghantarkan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo menjadi aset bangsa yang berwawasan global, memiliki jiwa kepemimpinan dan siap bekerja sebagai tim serta memiliki integritas yang berdasarkan nilai-nilai Keislaman. 

 

Berikut ini TUPOKSI Satker BAMA: 

  1. Menyusun program kerja dan rencana operasional BAMA;
  2. Mengelola sistem dan melaksanakan program PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru)/masa ta’aruf mahasiswa baru (Mastamaru);
  3. Mengelola sistem dan melaksanakan program layanan administrasi  kegiatan kemahasiswaan;
  4. Mengelola sistem dan melaksanakan program perencanaan, pengelolaan, dan pengawasan keuangan kegiatan kemahasiswaan;
  5. Mengelola sistem dan melaksanakan program pengadaan, pengeloaan, dan pemeliharaan sarana dan prasarana kemahasiswaan;
  6. Mengelola sistem dan melaksanakan program pembinaan dan pengembangan organisasi kemahasiswaan (latihan dasar kepemimpinan, pertanggungjawaban kepemimpinan, reformasi kepemimpinan, dan pembentukan organisasi baru);
  7. Mengelola sistem dan melaksanakan program kesejahteraan mahasiswa (beasiswa, asuransi kesehatan, poliklinik, koperasi);
  8. Mengelola sistem dan melaksanakan program penegakan kedisiplinan dan kode etik mahasiswa;
  9. Memfasilitasi penanganan penyelesaian kasus-kasus kemahasiswaan (penyampaian aspirasi, demontrasi, konflik);
  10. Mengelola sistem dan melaksanakan program database profil organisasi kemahasiswaan;
  11. Memfasilitasi pelaksanaan program wisuda;
  12. Mengelola sistem dan melaksanakan program pelacakan, pendataan, dan pengembangan hubungan kerjasama dengan alumni;
  13. Melaksanakan pembinaan dan monitoring evaluasi pekerjaan bawahannya;
  14. Menyediakan dan mengelola database BAMA untuk penjaminan mutu institusi;
  15. Membuat laporan kegiatan BAMA;
  16. Membuat laporan tahunan dan laporan akhir BAMA.