Gelar & Strata

Sarjana Keperawatan (S.Kep.)

Akreditasi

Program Studi S-1 Keperawatan UMPO Terakreditasi dengan nilai “A”

SK & Sertifikat Akreditasi

  
S1 KEPERAWATAN 2013 - 2028

  
S1 KEPERAWATAN 2018 - 2023

  
S1 KEPERAWATAN 2014 - 2019

 


PENDAFTARAN

PMB UMPO

Daftar di UMPO dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa

DAFTAR SEKARANG

S1 KEPERAWATAN

 

VISI
" Pada tahun 2036 menjadi program studi keperawatan strata satu mampu menghasilkan tenaga perawat profesional yang unggul, Islami, mandiri serta mampu berkompetisi dalam dunia kerja di tingkat nasional maupun internasional. "

MISI
Menyelenggarakan pendidikan, pengajaran dan penelitian dalam bidang keperawatan yang uptodate, inovatif.Menyelenggarakan perkuliahan Al Islam kemuhammadiyahan.Menyelenggarakan pembelajaran kewirausahaan di bidang keperawatan.Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang keperawatan dan kesehatan dengan pendekatan tematik.

Kompetensi Program Studi

  1. Care Provider (Pemberi Asuhan Keperawatan) sebagai pelaku/pemberi asuhan keperawatan, perawat dapat memberikan pelayanankeperawatan secara langsung dan tidak langsung kepada klien, menggunakan pendekatanproses keperawatan yang meliputi: melakukan pengkajian dalam upaya mengumpulkandata dan informasi yang benar, menegakkan diagnosa keperawatan berdasarkan hasilanalisis data, merencanakan intervensi keperawatan sebagai upaya mengatasi masalah yangmuncul dan membuat langkah/cara pemecahan masalah, melaksanakan tindakankeperawatan sesuai dengan rencana yang ada dan melakukan evaluasi berdasarkan responklien terhadap tindakan keperawatan yang telah dilakukan.
  2. Manager (Pengelola) dalam perannya sebagai manager kasus, perawat mengkoordinasi aktivitas anggota timkesehatan lainnya, misalnya ahli gizi dan ahli terapi fisik, ketika mengatur kelompok yangmemberikan perawatan pada klien. Berkembangnya model praktik memberikan perawatkesempatan untuk membuat pilihan jalur karier yang ingin ditempuhnya. Dengan berbagaitempat kerja, perawat dapat memilih antara peran sebagai manajer asuhan keperawatanatau sebagai perawat asosiat yang melaksanakan keputusan manajer (Manthey, 1990).Sebagai manajer, perawat mengkoordinasikan dan mendelegasikan tanggung jawab asuhandan mengawasi tenaga kesehatan lainnya.
  3. Reseacher (Peneliti) sebagai peneliti dan pengembangan di bidang keperawatan, perawat diharapkan mampumengidentifikasi masalah penelitian, menerapkan prinsip dan metode penelitian, sertamemanfaatkan hasil penelitian untuk meningkatkan mutu asuhan atau pelayanan danpendidikan keperawatan. Penelitian di dalam bidang keperawatan berperan dalammengurangi kesenjangan penguasaan teknologi di bidang kesehatan, karena temuanpenelitian lebih memungkinkan terjadinya transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi.